10 Macam Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil dan Untung Besar

10 Macam Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil dan Untung Besar

Reflis.com – Pembahasan kita kaliini adalah tentang 10 Macam Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil dan Untung Besar. Pembahasan ini saya kira cukup menarik, terutama bagi Anda yang berminat mempunyai bisnis kecil rumahan yang menguntungkan. Jenis usaha modal kecil untung besar saat ini memang menjadi daya tarik bagi mereka yang ingin mempunyai bisnis sendiri dengan modal seadanya. Jadi memang kelebihan bisnis ini adalah Anda bisa menggunakan modal seadanya (yang Anda punya) untuk segera membuka usaha.

Apa saja yang termasuk 10 Macam Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil dan Untung Besar? Ada beberapa usaha yang termasuk di dalamnya yang mungkin semuanya sudah sering kita lihat dalam keseharian kita. Kesepuluh macam bisnis itu adalah:

1. Online Shop (Dropship)
Online shop saat ini menjadi usaha yang sedang booming. Betapa tidak dengan makin banyaknya masyarakat yang melek internet, membuat trend berbelanja online makin membudaya di masyarakat. Sudah tidak ada batasan tentang barang yang akan dijual melalui online saat ini. ini adalah kabar gembira bagi Anda yang mempunyai impian mempunyai bisnis rumahan di rumah.

Bagaimana jika tidak mempunyai modal untuk belanja barang?

Gampang. Saat ini ada jasa dropship yang bisa mendapat keuntungan hanya dengan membantu jual barang dari produsen atau agen suatu barang. Anda hanya cukup menjual barang-barang yang sekiranya mampu Anda jual, dan tunggu pembeli datang. Bisnis sebagai dropshiper ini sekarang makin mudah dengan makin banyaknya para pengusaha online baru yang naik tingkat.

Ya, tidak sedikit mereka yang pada awalnya sebagai dropshiper akhirnya juga bisa menjadi agen bahkan produsen barang seiring dengan penghasilan yang makin meningkat. Sangat menarik bukan? Intinya semua harus diawali dengan niat yang kuat dan semangat mencari informasi tentang peluang menjadi dropshiper. Pilihlah barang-barang yang mudah dalam penjualan dan Anda suka dalam mempromosikannya.

2. Kedai Sarapan Pagi
Mobilitas penduduk perkotaan yang sangat tinggi juga menjadi peluang bagi kita yang hidup di kota. Dengan tuntutan karyawan yang harus pergi ke tempat kerja lebih awal, kadang mereka tidak menyempatkan diri untuk memasak sebelum berangkat kerja. Kedai sarapan pagi ini bisa menjadi solusi bagi mereka untuk mendapatkan sarapan dengan cepat. Tidak sedikit mereka yang membeli makanan di kedai-kedai yang ada di sekitar rumahnya untuk dibawa ke tempat kerja. Ini adalah peluang bagi Anda bukan?

Apalagi bagi Anda yang mempunyai bakat dan hoby memasak ini adalah peluang bisnis yang bisa Anda lakukan di rumah. Cobalah untuk melakukan eksperimen dengan memasak berbagai menu makanan pada tahap awal membuka kedai Anda, selanjutnya Anda bisa fokus pada jenis-jenis makanan apa saja yang banyak diminati oleh para pembeli. Penambahan jenis makanan juga bisa dilakukan by request, karena apa yang mereka minta tentunya adalah makanan favorit yang akan sering mereka pesan.

Jika dilakukan dengan serius usaha ini berpotensi menjadi usaha yang lebih besar sebagaimana harapan Anda. Bahkan tidak menutup kemungkinan nantinya usaha ini bisa berkembang menjadi usaha catering yang menyediakan berbagai menu makanan sesuai pesanan pelanggan.

3. Catering
Usaha catering adalah usaha rumahan yang paling banyak diminati oleh ibu-ibu rumah tangga. Alasannya tentu saja mereka bisa menyalurkan hoby memesak mereka dengan tetap mendapatkan penghasilan di rumah. Gampangnya, profesi yang paling mengasyikkan adalah hoby yang dibayar bukan?

Nah, usaha catering inilah salahsatunya. Awal berdirinya usaha ini ada banyak jalan. Ada yang memulainya dengan membuka kedai sarapan pagi di rumah sebagaimana yang kita bahas sebelumnya. Ada juga yang secara tidak sengaja seorang ibu yang memberi contoh hasil masakannya pada tetangga, dan para tentangga merasa cocok dengan rasanya. Jadilah sang ibu ini “terpakai” terus hasil masakannya untuk mengisi berbagai acara di sekitar rumahnya.

Sudah banyak contoh para pengusaha catering yang bisa mengembangkan usahanya sebesar mungkin tidah hanya dipakai untuk hajatan di sekitar rumah, bahkan ke semua tempat di kotanya. Jika beruntung para pemilik usaha catering ini juga bisa diminta untuk menjadi penyedia makanan di kantor-kantor dan perusahaan-perusahaan yang ada di kotanya. Semua tentunya diawali dari sebuah usaha catering rumahan yang kecil.

4. Les Pelajaran Sekolah

Bagi Anda yang berprofesi sebagai pendidik, ada cara yang paling mudah dilakukan untuk bisa mendapat penghasilan tambahan dari rumah. Caranya tentu dengan tetap menjadi pengajar dengan membukak les pelajaran sekolah di rumah Anda. Ada banyak cara untuk mengawali usaha ini. Salahsatunya bagi Anda yang bukan merupakan tenaga pengajar di sebuah sekolah adalah dengan membuka Taman Baca untuk anak-anak datang ke rumah yang selanjutnya bisa menyediakan kesempatan mereka bertanya tentang apa-apa yang dibacanya. Tentunya buku-buku bacaan yang disajikan harus ada hubungannya dengan pelajaran mereka.

Cara ini pernah dilakukan sahabat saya yang tinggal di Jakarta. Awalnya dia yang mempunyai banyak buku bacaan tentang sains, membuka Taman Baca yang gratis. Banyak anak-anak yang datang dan tertarik untuk menanyakan apa-apa yang dibacanya yang selanjutnya dengan bertambahnya minat baca ini diketahui oleh orangtua. Tentunya mereka senang dengan minat baca anak yang semakin tinggi, maka ada alternatif para orangtua untuk meminta pemilik Rumah Baca itu untuk menjadi guru les bagi anaknya. Alhamdulillah terakhir saya mendapat kabar bahwa murid les di Taman Baca ini hingga mencapai puluhan orang.

Bahkan dengan makin banyaknya peserta les, dia berani menguliahkan 2-3 orang pengajar yang ikut membantunya membesarkan usaha les pelajaran sekolah di Rumah Baca sederhana yang ada di rumahnya. Cukup menarik bukan? Tentu semua ini diawali dari niat tulus berbagi informasi dengan buku-buku yang ia miliki hingga akhirnya menjadi usaha yang bisa mempekerjakan dan sekaligus meng uprade keilmuan orang lain yang menjadi partnernya.

Tapi bagi Anda yang memang sudah berprofesi sebagai guru di sebuah sekolah, maka Anda bisa langsung saja membuka usaha les ini di rumah Anda. Ada mereka yang dengan sengaja membuka les dengan mengumumkan kepada orangtua siswa, ada pula mereka yang membuka les atas permintaan para orangtua, karena sang guru ini dianggap mampu memahamkan satu atau beberapa pelajaran sekolah kepada anaknya. Semua adalah hanya cara bagaimana memulainya, untuk selanjutnya berkambang atau tidaknya usaha ini tergantung pada kesabaran dan kemampuan Anda dalam menjelaskan berbagai pelajaran kepada anak-anak yang mengikuti les Anda di rumah.

5. Laundry
Usaha laundry banyak terdapat di perkotaan tentu dengan alasan para penduduknya sudah tidak ada waktu lagi untuk mencuci-setrika pakaiannya. Waktu yang ada hanya mereka gunakan untuk berkumpul dengan keluarga dan bekerja. Jadi untuk urusan kerapian pakaian yang merupakan tuntutan dan harus dilakukan setiap hari bisa mereka percayakan pada usaha laundry yang berada di sekitar rumah mereka.

Anda bisa memulai usaha ini dengan bertahap. Tidak harus dengan langsung membeli mesin cuci dan semua peralatan pendukung secara banyak dulu. Mulailah sesuai kemampuan Anda. Tentunya jika dengan berjalannya waktu pelanggan semakin banyak, Anda bisa meningkatkan usaha bahkan dengan mencari pekerja untuk menjalankan usaha Anda ini.

Kata kunci pada usaha ini adalah hasil yang bersih dan pengerjaan yang tepat waktu. Jika Anda mampu menerapkannya pada usaha laundry Anda, maka bukan tidak mungkin usaha ini akan semakin berkembang sesuai harapan Anda, bisa mempunyai usaha rumahan modal kecil dengan untung besar.

Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil dan Untung Besar
sumber image http://blog.indonetwork.co.id

6. Counter Pulsa dan Paket Data
Kebutuhan kita akan pulsa dan paket data saat ini seakan tidak berbeda dengan kebutuhan kita akan makanan dan minuman. Ya, di era komunikasi yang semakin berkembang ini rasanya kebutuhan untuk tetap bisa menelpon dan internetan harus ada setiap harinya. Tentu ini adalah peluang yang menarik bagi Anda yang ingin memulai usaha dengan modal kecil dan untung besar di rumah.

Caranya, cobalah Anda cari informasi tentang agen yang menjual pulsa dan paket data yang terpercaya yang bisa menjadi penyuplai bagi Anda. Siapkan perlengkapan lainnya yang umumnya dimiliki oleh counter penjual pulsa, yaitu etalase yang didalamnnya biasanya menjual kartu perdana sebagai pelengkap. Sebagaimana usaha yang lain, Anda bisa memenuhi permintaan pelanggan yang datang ke counter Anda misalnya jika mereka ingin mencari casing hp sesuai type hp yang mereka miliki. Cara ini bisa dilakukan dengan membeli secara online dengan pilihan motif yang bervariatif.

Telah banyak penawaran paket data yang semakin bersaing akhir-akhir ini dari setiap provider. Tentunya ini menjadi peluang bagi Anda, karena biasanya setiap paket promo terbaru merupakan include yang terdapat di kartu perdana yang baru terbit. Jadi sekali mendayung dua pulau terlampui, Anda bisa menjual paket data dan kartu perdana sekaligus yang promonya semakin menarik para pelanggan dan calon pembeli Anda.

7. Aneka Pembayaran Online
Jenis usaha dengan modal kecil dan untung besar yang paling mungkin bisa dilakukan ada di rumah adalah aneka pambayaran online. Ya, sekarang banyak orang yang malas untuk membayar berbagai pembayaran rutin bulanan seperti listrik, PDAM, telpon dan BPJS atau iuran lainnya dengan mengantri panjang di kantor resminya. Banyak yang menganggap ini menyita banyak waktu mereka, karena itu mereka lebih rela mengeluarkan sedikit uang untuk menghindari itu.

Sudah banyak penyedia layanan aneka pembayaran online yang menjual lisensinya untuk bisa dijalankan di rumah. Untuk ini biasanya mereka meminta Anda untuk menyiapkan beberapa hal terkait masalah teknis, tapi tidak lah sulit karena yang terpenting adalah adanya PC dan jaringan internet, hanya bagaimana supaya proses pembayaran online orang-orang yang datang ke rumah Anda bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

Usaha aneka pembayaran online ini cocok berada di perumahan yang padat penduduk yang mobilitasnya tinggi. Semakin banyak orang yang mengenal tempat Anda tentu makin banyak yang datang untuk meminta bantuan membayar iuran rutin bulalannya secara online. Karena itu faktor posisi rumah yang strategis sangat berperan dalam mengembangkan usaha rumahan ini.

8. Isi Ulang Air Minum
Kebutuhan air minum adalah kebutuhan pokok selain makanan. Karena itu membuka usaha isi ulang air minum di berbagai tempat tidak pernah ada matinya. Apalagi jika usaha ini dibuka di perumahan yang telah padat penduduknya, tentu menjadi usaha yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat sekitar. Jangan pernah khawatir dengan makin banyaknya usaha sejenis ditempat Anda, karena kebutuhan akan air minum ini akan semakin bertamnah sejalan dengan makin banyaknya penduduk di suatu tempat.

Berikan pelayanan yang terbaik dengan memperhatikan aspek kebersihan galon misalnya. Dengan Anda memberikan galon yang bersih tentunya para pembeli akan lebih tenang dan tanpa mengkahatirkan aspek kesehatan dengan meminum air minum dalam galon-galon yang Anda jual. Karena itu biasanya galon yang baru diterima dari pelanggan dibersihkan terlebih dahulu. Ada juga di sekitar rumah saya yang memberikan promo untuk penjualan air isi ulangnya. Misalnya dengan memberikan gratis isi ulang 1 galon setelah pembelian 6 galon isi ulang.

9. Jahit Pakaian
Jenis usaha rumahan modal kecil untung besar yang perlu dicoba adalah usaha jahit pakaian. Karena pertimbangan nyaman dipakai, banyak orang yang lebih memilih menjahitkan pakaiannya dibandingkan membeli pakaian jadi. Bentuk tubuh manusia berbeda, beda sebagaimana ada perbedaan ukuran pada setiap merek pakaian dengan tingkat yang sama. Misal L pada merek baju A, berbeda dengan L pada merek baju B.

Dengan adanya banyak perbedaan inilah maka ukuran pakaian tidak baku. Karena itu banyak orang yang ingin merasa nyaman dengan baju yang dikenakan, solusinya harus rela menjahitkan baju ke tukang jahit yang ada. Sudah banyak kursus menjahit yang dibuka saat ini, tidak ada salahnya jika Anda mencoba peluang ini sebagai sumber penghasilan Anda.

Dengan hasil jahitan yang rapi, sesuai pesanan dan tepat waktu tentunya akan menjadi nilai jual usaha jahit pakian Anda di rumah. Sebagaimana biasanya tukang jahit pakaian jangan pernah lupa untuk menyimpan dan memeriksa catatan-catatan penting dari setiap pakaian yang Anda kerjakan, supaya hasilnya sesuai dengan pesanan dan Anda bisa mengatur waktu dalam menyelesaikan setiap pesanan jahitan pakaian pada Anda.

10. Toko Kelontong
Contoh jenis usaha modal kecil untung besar yang ada bisa dilakukan di rumah lainnyaadalah toko kelontong. Meski saat ini mulai banyak mall dan supermarket franchise di sekitar kita, keberadaan toko kelontong tetap saja menjamur di tengah pemukiman penduduk. Apa alasannya? Tentu karena jam bukanya yang lebih fleksibel dibanding jenis pertokoan tadi. Jadi saat ada kebutuhan mendesak untuk membeli apa saja barang yang dibutuhkan, mereka bisa mendapatkannya. Bahkan banyak yang rela melayani pembeli yang tetangganya sendiri, saat toko mereka sedang tutup sekalipun.

Alasan lainnya adalah karena keberadaan toko kelontong ini lebih dekat dengan rumah penduduk. Apalagi dalam sebuah kampung, masyarakat tidak perlu ke luar rumah jauh menggunakan kendaraan, cukup jalan kaki beberapa langkah saja untuk mendapatkan barang-barang yang mereka butuhkan. Cukup praktis bukan?

Cobalah membuka toko kelontong seadanya sesuai dengan kemampuan Anda. Dengan banyaknya masyarakat yang terbantu dengan adanya toko Anda pasti nantinya mereka juga akan membeli apapun yang Anda sediakan, dibanding mereka harus bersusah payah jauh-jauh membeli barang yang sudah ada di toko Anda. Toko kelontong biasanya menjual sembako dan kebutuhan lainnya. Tapi dalam perkemangannya tidak jarang yang akhirnya juga menjual berbagai kebutuhan rumah tangga seperti air minum isi ulang, gas bahkan bumbu-bumbu makanan. Semuanya menyesuaikan dengan kebutuhan masyararakat sekitar yang menjadi pelanggannya.

sumber: https://www.maxmanroe.com/usaha-rumahan.html

Sekian pembahasan kita kali ini tentang 10 Macam Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil dan Untung Besar. Anda bisa menanyakan kepada saya tentang berbagai hal tentang pembahasan diatas. Insaa Allah akan saya jawab semampu saya. Silahkan tinggalkan komentar dibawah kolom komentar ya sahabat. Anda juga bisa mendapatkan bacaan tantang Bisnis Rumahan di postingan lain blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2019 REFLIS.COM

Iwan Wahyudi adalah Penulis Biografi, Ghost Writer dan Content Strategist yang mulai banyak dikenal di Indonesia. 

Sebagai penulis biografi dan ghost writer telah membantu 20 an klien menyelesaikan penulisan bukunya. 

Sebagai content strategis bukan hanya menjadikan situs yang dikelola banyak dikenal oleh klien, tapi juga dengan itu ia dapat membantu penulis profesional lainya dalam mendapatkan klien sesuai kapasitasnya. 

Kini ia mulai merintis self publihing dengan harapan bisa membantu klien mulai dari penulisan konten buku, pewajahan hingga cetak buku sesuai budget yang disediakan oleh setiap klien. 

Ia akan tetap membuka peluang kerjasama dengan pihak manapun, baik pribadi, perusahaan, agency desain, advertising dan yang lainnya untuk tetap memberikan konten yang kreatif dan berkualitas. 

Minat bekerja sama ? Silahkan WA di 0857 1149 4600