Peluang Bisnis Kuliner di Indonesia

Peluang Bisnis Kuliner di Indonesia

Peluang Bisnis Kuliner di Indonesia


Reflis.com - Peluang Bisnis Kuliner di IndonesiaPembahasan kita kali ini tentang sesuatu yang lezat, ya sobat. Pasti kalian penasaran kan? Apa hayo yang lezat-lezat selain kuliner di sekitar kita. Ya, harus kita akui bahwa bangsa Indonesia mempunyai banyak kekayaan alam berupa tanaman, yang pada giliran memberi banyak ragam juga bagi makanan kita.

Negara yang sangat makmur dan subur ini mempunyai banyak rempah-rempah yang boleh dibilang terlengkap di dunia. Konon karena melimpahnya rempah-rempah inilah kita menjadi bangsa yang banyak diincar oleh bangsa-bangsa lain dahulu kala. Karena rempah-rempah ini akan dijadikan bumbu makanan yang akan memberi dampak pada selera makan banyak orang. Pernah baca kan tentang sejarah bagaimana Belanda datang ke Indonesia pada awalnya untuk mencari rempah-rembah? Nah, karena keenakan dengan tersedianya banyak yang dicari, mereka jadi menjajah negara kita.

Ini pembahasannya bukan tentang sejarah ya. Tapi memberikan gambaran betapa negara kita tercinta ini sangat kaya akan berbagai hal termasuk ragam makanan karena tersedianya banyak rempah-rempah tadi. Faktor lainnya tentu juga karena banyaknya penduduk dengan beragam budaya yang masing-masing dari mereka ini mempunyai makanan yang berbeda-beda. Wah bisa dibayangkan ya begitu melipmahnya ragam kuliner yang ada di Indonesia, ya kan?

Sebagai contoh saya yang berasal dari Bondowoso, Jawa Timur misalnya. Dan saat ini saya tinggal di Bekasi, Jawa Barat. Saat saya baru datang merantau ke Jakarta, Bu De saya bertanya, “Wan, mau Bu De masakin sayur asem jawa timuran atau betawi?”

Nah lho, bisa diambil kesimpulan kan unruk sayur asem saja, ternyata antara yang ada di Jawa Timur berbeda lho dengan yang ada di Betawi. Mungkin untuk rasa ralatif sama, tapi isinya memang berbeda. He.... yang pernah merasakan makan sayur asem di dua tempat ini pasti tahu apa bedanya. Bayangkan itu baru sayur asem, jenis kuah, belum menu makanan, jajanan, minuman dan ragam kuliner lainnya, wah sepertinya sangat banyak.


Yang kita bahas disini adalah dengan banyaknya ragam makanan yang ada di Indonesia inilah yang menjadi peluang bisnis bagi mereka yang punya minat dan keahlian memasak. Ya, bisnis kuliner memang tidak akan pernah mati, seiring dengan sampai kapan pun manusia membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Masalahnya disini hanya bagaimana seorang bisa menarik minat banyak orang untuk berkunjung di tempat makan atau usaha kuliner miliknya.

Sebagaimana bisnis lainnya, untuk memiliki usaha bisnis kuliner tidak harus kita bisa masak. Karena kita bisa mencari koki atau orang ahli pemasak untuk bekerja di tempat kita. seorang pebisnis butuh “kepekaan” bagaimana bisa memberikan daya tarik, rasa nyaman yang akhirnya menumbuhkan rasa ketagihan untuk bisa datang lagi, lagi dan lagi ke rumah makan atau usaha kulinernya. Tentunya ia juga harus sering bereksperimen dan melakukan riset tentang makanan apa saja yang menjadi favorit para konsumennya.

Sekali lagi Indonesia yang luas dengan penduduk yang banyak dan saling ekspansi dari satu tempat ke tempat lainnya baik untuk sementara atau dalam waktu yang lama (menetap) memberikan peluang bagi Anda yang membuka bisnis kuliner. Semoga sedikit ulasan dalam artikel ini memberikan ide bagi Anda bahwa bisnis apapun bisa menjanjikan bagi kita yang mau menekuninya dengan serius. Tidak perlu yang susah, bermodal besar agar terlihat keren. Tapi Anda bisa memulainya dengan apa yang dibutuhkan oleh banyak orang, seperti bisnis kuliner ini.

Sekian pembahasan kita kali ini tentang Peluang Bisnis Kuliner di Indonesia. Anda bisa menanyakan kepada saya tentang berbagai hal tentang pembahasan diatas. Insaa Allah akan saya jawab semampu saya. Silahkan tinggalkan komentar dibawah kolom komentar ya sahabat. Anda juga bisa mendapatkan bacaan tantang Bisnis Kuliner di postingan lain blog ini.



Buka Komentar