3 Tips Sederhana Menambah Pelanggan Baru Anda

3 Tips Sederhana Menambah Pelanggan Baru Anda

Pelanggan merupakan hal yang sangat penting dalam menentukan kesuksesan perusahaan. Pelanggan menjadi kunci apakah perusahaan tersebut akan terus berjalan atau tidak. Namun untuk menjaring pelanggan, diperlukan trik khusus agar target marketing kita mau melakukan transaksi atau yang disebut Customer Acquisition. Customer Acquisition atau akuisisi pelanggan sangat penting bagi sebuah bisnis, terutama di masa pandemic seperti sekarang ini.

Customer acquisition merupakan salah satu konsep marketing yang paling sering dilakukan di dalam e-commerce, karena setiap bisnis membutuhkan customer untuk bisa berkembang. Kesadaran terhadap merek, lead generation, pemasaran produk, menjaga potensi dari prospek serta strategi marketing untuk mendapatkan pelanggan adalah bagian yang berada dalam satu istilah yaitu akuisisi pelanggan. Namun, konsep akusisi pelanggan dianggap berhasil ketika Anda sudah berhasil menciptakan penjualan atau kesepakatan penjualan dengan prospek tersebut.

Tapi untuk melakukan akuisisi pelanggan memang bukan hal yang mudah, karena memang tidak semua pebisnis bisa melakukannya. Ada beberapa tips untuk melakukannya, diantaranya adalah:

Tips akuisisi pelanggan

1. Menentukan Target Marketing

Mengetahui siapa target marketing anda merupakan hal dasar yang wajib diketahui ketika memulai kegiatan pemasaran. Mulailah dengan mengidentifikasi profil pelanggan ideal, temukan siapa mereka, cara menjangkau, hingga cara berbicara dan menjual kepada mereka.

Penting juga untuk mengetahui dasar-dasar tentang demografi pelanggan, termasuk usia, jenis kelamin, pendapatan, dan status perkawinan sangatlah penting, tetapi benar-benar mengenal pelanggan sebenarnya berarti menggali lebih banyak informasi pribadi, seperti minat, preferensi, dan yang paling penting adalah kebiasaan membeli pelanggan. Karena hal-hal detail ini akan mempermudah menentukan langkah apa yang akan dilakukan dalam kegiatan pemasaran serta cara berkomunikasi yang lebih personal.

2. Optimalkan Media Sosial

Mulailah terhubung dengan pelanggan anda melalui media social. Buatlah konten berkualitas (misalnya posting blog, webinar, video, studi kasus, dan sebagainya) yang dapat diterima oleh calon pelanggan sebagai hal yang relevan, menarik, menghibur, dan bermanfaat. Berfokuslah pada pembuatan konten sosial yang sederhana, membantu, dan mudah dicerna oleh pelanggan prospek agar mereka tertarik untuk selalu terhubung dan pada akhirnya memiliki keinginan untuk selalu  melakukan pembelian.

3. Gunakan E-mail Marketing

Dengan menjadikan email sebagai salah satu saluran komunikasi paling populer bagi bisnis untuk menjangkau prospek, maka seberapa baik Anda menyusun email akan memainkan peran besar dalam menarik dan menahan perhatian prospek pada bisnis Anda. Kunci penggunaan email marketing sebagai saluran komunikasi untuk mengakuisisi pelanggan adalah dengan menguraikan secara tepat bagaimana produk atau layanan Anda dapat memecahkan masalah prospek, kemudian berilah ajakan bertindak secara sederhana untuk memindahkan prospek Anda ke langkah berikutnya dalam proses penjualan.

Itu dari 3 tips sederhana tentang akuisisi pelanggan. Semoga apa yang kami jelaskan tadi mudah diterima dan bermanfaat untuk bisnis Anda.

Artikel ini akan terus kami update sesuai dengan tambahan informasi dan segala hal yang berkaitan dengan pembahasan artikel. Jadi, jangan bosan-bosan untuk terus berkunjung ke blog kami ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *