Bagaimana Cara Dapat Uang dari Blog ?

Bagaimana Cara Dapat Uang dari Blog ?

Hallo sobat Reflis.com, jika sebelumnya telah kita bahas tentang bagaimana cara saya dalam ngeblog, yaitu harus menyenangkan dan menghasilkan, pada artikel kali ini kita coba untuk menjawab benyak pertanyaan teman-teman tentang, “Bagaimana Cara Dapat Uang dari Blog ?”

Wah sepertinya menarik ini. tolong dibaca sampai habis ya, siapa tahu inormasi singkat ini bermanfaat bagi Anda. Ok coba kita mulai ya, supaya sobat-sobat semua gak penasaran lagi,”Apa iya sih Cuma nulis artikel di blog bisa dapat penghasilan yang lumayan?” Nah, kali ini coba saya jelaskan sesuai kemampuan saya.

Cara mendapatkan penghasilan dari blog ada banyak macamnya. Diantaranya adalah:

  1. Memasarkan Barang atau Jasa

Cara ini sudah saya lakukan. Dengan cara ini saya bisa menjadikannya sebagai penghasilan utama saya sejak tahun 2012. Dari jasa penulisan saya biasa menulis buku klien yang membutuhkan jasa penulisan. Dengan cara ini juga saya bisa memasarkan jasa penulisan orang lain yang berpotensi berpenghasilan besar per projectnya. Saya tidketak mau mengerjakan sesuatu yang saya belum ahli. Karena itu untuk sebuah jasa marketing penulisan saya bisa mendapat fee 15 % dari setiap project yang deal dengan klien.

Untuk marketing jasa saya telah berhasil memasarkan buku ensiklopedia yang harga per setnya terbilang mahal. Jumlah buku per set bervariatif dengan berat mencapai 18 kg setiap set nya. Yang terpenting dalam memasarkan barang dan jasa ini kita harus punyai sklill tentang jasa yang kita tawarkan. Sedangkan untuk marketing barang, kita harus tahu product knowledge nya. Sehingga jika ada calon pembeli yang bertanya kita bisa menjawabnya dengan benar, tanpa keraguan.

  1. Menawarkan Ruang Iklan di Blog

Ada juga blogger yang sengaja ngblog untuk menawarkan ruang iklan di blognya. Biaya untuk ruang iklan ini bervariatif, tapi yang menjadi faktor penentu adalah besarnya trafik sebuah blog. Dengan besarnya trafik sebuah blog maka mereka yang beriklan pun segan mematok harga yang rendah. Intinya ada timbal balik yang sepadan antara yang dibayar dengan yang didapatkan oleh klien yang beriklan di ruang iklan suatu blog.

Untuk cara ini biasanya pemilik blog mendesain blognya sedemikian rupa, sehingga di beberapa ruang di webnya di kosongkan untuk ruang iklan. Selain di tentukan oleh trafik, besarnya biaya iklan di ruang blog seseorang ditentukan oleh posisi dan ukuran ruang iklan tersebut. Iklan yang berada di header sebuah blog akan lebih mahal dari posisi lainnya. Begitu juga ukuran yang besar tentu lebih mahal dari ukuran yang lebih kecil.

Untuk biaya ngiklan di blog ini bervariatif sobat, ada yang menawarkan mulai 300 ribuan hingga jutaan bahkan puluhan juta. Wow, kan? Dan ini nyata lho. Saya pernah diundang ke sebuah website besar skala nasional yang menawarkan pemesangan iklan di tempat mereka hingga puluhan juta per bulan (sekitar 30 juta lebih). Tentunya ada harga ada rupa, dengan biaya sebesar itu tentu jangkauan promosi iklan kita bisa dinikmati oleh jutaan pembaca portal berita yang mempunyai kontributor di berbagai daerah di Indonesia ini.

  1. Menulis Artikel tentang Bisnis / Website Orang lain

Jika tulisan Anda hidup, akan banyak orang yang datang memakai jasa Anda. Pernyataan itu sering diucapkan oleh mentor menulis saya. Tulisan memang bentuknya kurang semenarik audio visual, tapi dampak dari sebuah tulisan adalah bisa menarik orang untuk berbuat, tergerak dan terinspirasi melakukan sesuatu.

Maka tidak berlebihan lah seorang Napoleon Bonaparte mengatakan, “1 orang penulis yang berpengaruh lebih aku takuti dibanding 100 pasukan bersenjata lengkap.” Karena apa, tentu tulisan ini jangkauannya lebih luas dan akan meluas lagi. Karena itu bentuk marketing dengan tulisan dinilai sangat kuat dan bernilai, apalagi ditulis dan ditempatkan di blog dengan pengujung setia yang sangat banyak.

Sebagaimana pengalaman saya di portal berita nasional diatas, pihak mereka memberikan pilihan jika saya berminat memakai jasa marketing mereka. Jika mereka yang mengulas sendiri, maka saya harus memberikan 1 set buku ensiklopedia yang haranya kisaran 3-4 juta. Tapi jika sengaja 1 artikel mengulas ensiklopedia tersebut, maka mereka mengenakan tarif yang sama untuk pemasangan slot tadi, 25 juta, dengan kanal (kategori) berita yang sudah ditentukan.

Lalu berapakah tarif yang kita kenakan jika ada bisnis / website yang ingin kita yang ingin kita review? Tentu harus menyesuaikan dengan seberapa banyak pengunjung setia blog kita. Semakin banyak, semakin mahal. Tapi sebagai gambaran biasanya untuk blog yang sudah banyak pengunjung fee nya sekitar 500 ribu hingga 1,5 juta. Lumayan bukan?

  1. Komisi dari Affiliate Marketing

Cara Dapat Uang dari Blog yang lainnya adalah dengan mendapatkan komisi dari affiliate marketing yang ditawarkan di sebuah blog. Untuk di Indonesia sendiri saat ini banyak yang membuat produk digital yang penjualannya banyak dibantu oleh para affiliator. Ya, sudah bukan rahasia lagi ada sebagian orang yang hanya berfokus pada produksi, sementara sebagian yang lain kreatif dalam memasarkannya kepada pembeli.

Belakangan ini yang sedang marak adalah affiliasi untuk penjualan tool-tool internet marketing yang semakin berkembang pesat di Indonesia. bagaimana cara kerjanya? Cukup mudah. Sobat cukup mengambil link afiliasi yang disediakan oleh penyedia produk, selanjutnya memasangnya di blog sobat. Setiap ada pembelian produk melalui link tersebut, maka sobat akan mendapatkan komisi.

Banyak para afiliator yang menawarkan berbagai produk digital di Indonesia, tapi banyak alasan orang yang membeli produk yang sama pada satu orang dengan alasan:

Pertama, Kedekatan. biasanya orang akan tertarik membeli pada penjual yang sudah sering berinteraksi dengannya meskipun hanya di dunia maya.

Kedua, Kepercayaan. Karena sang afiliator dianggap sudah ahli pada bidang tertentu, sehingga ia menganggap produk-produk yang ditawarkannya pasti bagus.

Jadi selain dengan terus meningkatkan pengetahuan tentang bidang yang digeluti, interaksi dengan pengunjung blog sangat penting ya?

  1. Menjadi Publisher Google Adsense

Google adsense adalah platform beriklan yang paling banyak dipakai oleh blogger di Indonesia. Selain karena caranya cukup mudah – cukup dengan memasang kode iklan di blog kita – cara ini juga berpotensi mendulang penghasilan yang cukup besar. Sudah banyak tips dan tutorial tentang cara mendapatkan penghasilan lewat google adsense yang ditulis oleh para blogger, jadi kita bisa memilih blog-blog mana yang mudah kita pahami untuk proses belajar kita.

Intinya untuk mendapatkan penghasilan dari google adsense ini adalah harus ada banyak trafik ke blog kita. Dari banyak trafik itulah nanti berpotensi adanya klik iklan CPC (Pay per Clik) yang akan menjadi sumber penghasilan kita yang nanti akan diterima setiap bulan sekali.

  1. Membuat dan Menjual Blog

Ada yang kerjanya sengaja membuat blog untuk dijual. Jadi ia sudah tahu persis bagaimana perhitungan membangun blog mulai awal hingga mendatangkan banyak trafik, pada saat tertentu ia akan menjualnya dengan keuntungan yang besar. Memang ini bukan merupakan pilihan menghasilkan uang dari blog bagi pemula, tap bagi yang sudah ahli, hal ini lumrah dilakukan.

Blog yang laku dijual tidak hanya yang lokal tapi juga internasional sesuai terget pembacanya. Saat ini mulai ada forum yang membahas tentang jual beli blog lokal dan internasional, jadi bagi Anda yang berminat tidak ada salahnya untuk mencoba cara ini sebagai sumber penghasilan Anda dari blog.

Sekian pembahasan kita kali ini tentang bagaimana Cara Dapat Uang dari Blog semoga bermanfaat bagi Anda yang saat ini sedang belajar ngeblog ya?

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2019 REFLIS.COM

Iwan Wahyudi adalah Penulis Biografi, Ghost Writer dan Content Strategist yang mulai banyak dikenal di Indonesia. 

Sebagai penulis biografi dan ghost writer telah membantu 20 an klien menyelesaikan penulisan bukunya. 

Sebagai content strategis bukan hanya menjadikan situs yang dikelola banyak dikenal oleh klien, tapi juga dengan itu ia dapat membantu penulis profesional lainya dalam mendapatkan klien sesuai kapasitasnya. 

Kini ia mulai merintis self publihing dengan harapan bisa membantu klien mulai dari penulisan konten buku, pewajahan hingga cetak buku sesuai budget yang disediakan oleh setiap klien. 

Ia akan tetap membuka peluang kerjasama dengan pihak manapun, baik pribadi, perusahaan, agency desain, advertising dan yang lainnya untuk tetap memberikan konten yang kreatif dan berkualitas. 

Minat bekerja sama ? Silahkan WA di 0857 1149 4600