Bagaimana Cara Ngeblog yang Baik ?

Bagaimana Cara Ngeblog yang Baik ?

Hallo sobat, ini adalah artikel pertama saya tentang blog. Sebelumnya saya sudah pernah ngeblog tapi tujuannya lebih pada blog jasa tentang layanan penulisan yang saya ampu beserta beberapa partner. Karena beberapa blog yang awal sudah fokus untuk genre penulisan, maka saya terpikir untuk membuat blog lagi yang nantinya lebih berisi tentang sharing dunia blogging dan internet marketing.

Dan jadilah blog ini sobat. Apa yang akan saya bagikan di blog ini adalah sekitar blogging dan internet marketing semampu yang saya bisa. Semoga dengan adanya blog sederhana ini pemahaman sobat tentang dua bahasan ini bisa bertambah. Amiin. Saya berusaha akan memakai bahasa dan perumpamaan yang mudah dipahami, jadi bagi para pemula yang mau belajar pun Insaa Allah juga bisa mengikuti. Untuk hal-hal yang kurang jelas bisa langsung komentar di bawah ya. Ok, baiknya kita mulai saja pembahasan kita tentang judul diatas, ya?

Ngeblog Bukan Hanya Menulis Tapi Harus Menghasilkan

Nah, kenapa saya langsung tertarik pada bahasan ini, tentunya karena ada penyebabnya, yaitu banyak orang yang hanya menulis hanya untuk ajang curhat. Ya, sudah bukan rahasia lagi bahwa media sosial yang memungkinkan untuk bisa menjangkau semua manusia di seluruh penjuru dunia ini bagi sebagian orang hanya digunakan sebagai ajang curhat terhadap apa yang terjadi pada dirinya. Bukan hanya di status Fb saja, tapi ada lho yang sampai niat membuat blog isinya sama …… curahan hati dan kegalauan jiwa. He …..

Apa tidak boleh? Boleh lah tapi untuk hal yang satu ini coba menghindari untuk melakukannya di media sosial. Ada orang yang tepat untuk menerima dan memberikan solusi bagi setiap permasalahan Anda. Singkatnya, mari kita bijak dalam menggunakan media sosial ini. Lalu apa saja yang baiknya ditulis dalam sebuah blog? Nah, ini yang akan kita bahas. Siapkan posisi duduk, ya. He ……

Banyak hal yang bisa kita bagikan kepada orang lain yang bernilai manfaat. Baik itu ilmu dan pengetahuan yang kita miliki, panduan atau tutorial membuat sesuatu, motivasi atau kata mutiara atau apa saja yang mungkin bisa menjawab berbagai pertanyaan orang yang awam tentang sesuatu dan mencarinya di mesin pencari.

Anda juga bisa langsung membagikan URL blog Anda ke media sosial sehingga banyak yang bisa membacanya. Cara ini tentu sebih bijak dibanding Anda menuliskan tentang apa saja yang ada dalam hati Anda; sedih, senang, marah, menangis. Karena bisa jadi banyak orang juga yang sedang merasakannya tapi mereka tidak melakukan hal yang sama.

Apakah yang seharusnya dibagikan dalam blog?

Apa saja bisa, apalagi hal-hal yang Anda kuasai dan mungkin banyak orang yang kurang memahaminya. Karena saya yakin pasti setiap orang mempunyai kekurangan dan kelebihan yang berbeda-beda. Dengan adanya saling sharing melalui blog kita bisa saling belajar dan berbagi hal-hal yang bermanfaat. Asyik bukan?

Jujur saya memulai ngeblog mulai dari nol. Dulu, untuk membuat email dan akun facebook saja saya dibantu oleh seorang teman. Tapi tuntunan zaman yang membuaut saya terus belajar. Alhamdulillah saat ini bisa lah jika untuk sekedar ngeblog dengan tampilan blog yang sangat sederhana. Saya bersyukur, yang penting saya bisa berbagi dengan terus mengisi konten di blog saya. Tapi entah mengapa awal pertama saya ngeblog langsung mengarah ke jenis blog penawaran jasa menulis. Maka dengan itulah saya melakukan marketing jasa penulisan saya.

Selanjutnya meski dengan tampilan blog yang juga sederhana, saya juga mencoba menawarkan buku ensiklopedia Islam yang terbilang mahal per set nya. Alhamdulillah juga cara ini work hingga menjadi penghasilan tambahan saya selain menjadi penulis. Intinya adalah di konten, bukan pada tampilan  blog yang menawan tapi jarang update tulisan. Pengunjung blog – apapun jenisnya – akan merasa “wow” dengan pemaparan dan pandangan Anda yang dituangkan lewat tulisan. Tapi jika bisa menampilkan blog dengan penampilan yang menarik, itu lebih bagus lagi sebagai nilai tambah.

Jadi intinya itu ya. Ngeblog bisa menjadi sarana untuk menyalurkan kegemaran Anda memnulis. Tapi menulis di blog dan media sosial sebaiknya tidak berisi curhatan semata, karena dengan memberikan sharing yang bermanfaat Anda akan lebih mendapat perhatian dari pengunjung blog. Dan yang terakhir blog bisa menjadi sarana mendatangkan income, salahsatunya dengan cara menjual barang atau jasa kita sendiri. Bagaimana cara lain untuk mendapatkan penghasilan dari blog? Akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2019 REFLIS.COM

Iwan Wahyudi adalah Penulis Biografi, Ghost Writer dan Content Strategist yang mulai banyak dikenal di Indonesia. 

Sebagai penulis biografi dan ghost writer telah membantu 20 an klien menyelesaikan penulisan bukunya. 

Sebagai content strategis bukan hanya menjadikan situs yang dikelola banyak dikenal oleh klien, tapi juga dengan itu ia dapat membantu penulis profesional lainya dalam mendapatkan klien sesuai kapasitasnya. 

Kini ia mulai merintis self publihing dengan harapan bisa membantu klien mulai dari penulisan konten buku, pewajahan hingga cetak buku sesuai budget yang disediakan oleh setiap klien. 

Ia akan tetap membuka peluang kerjasama dengan pihak manapun, baik pribadi, perusahaan, agency desain, advertising dan yang lainnya untuk tetap memberikan konten yang kreatif dan berkualitas. 

Minat bekerja sama ? Silahkan WA di 0857 1149 4600