Peluang Usaha Dropship Tanpa Modal

Reflis.com – Peluang Usaha Dropship Tanpa Modal. Adakah bisnis yang tanpa modal? Tidak ada. Lho terus kenapa membuat judul diatas. Ya, karena pada hakikatnya setiap bisnis butuh modal, meskipun modal tenaga. Maksud usaha tanpa modal disini adalah modal yang dikeluarkan relatif kecil dibanding potensi keuntungan yang besar. Bagaimana caranya? Kita akan bahas dalam artikel ini.

Dulu, jika orang mengatakan, “bisnis kecil, untung besar,” pasti yang terlintas adalah kebohongan. Banyak orang tidak percaya dengan bisnis-bisnis yang hanya bermodal ratusan ribu tapi menawarkan kesuksesakan, misalnya hingga bisa mendapatkan rumah, mobil hingga kapal pesiar. Wow hebat ya?

Tapi sayangnya itu kebanyakan hanyalah isapan jempol belaka. Hingga akhirnya dalam beberapa tahun ini bisnis online mulai dikenal di negara kita, apa yang tadinya tidak mungkin menjadi sangat mungkin terjadi dengan adanya bisnis yang mensyaratkan jaringan internet ini. Ya, tidak ada yang tidak mungkin dalam bisnis online ini. Dan kabar baiknya semua itu bisa dipelajari dengan mudah hingga saat ini. Dari sekian banyak bisnis online yang paling mudah dilakukan adalah dengan menjadi dropsipper (orang yang melakukan usaha dropship).

Apa sih arti dropship sebenarnya?

Dropship adalah usaha menjual barang pihak lain tanpa harus punya stok barang, tanpa mengurusi pengiriman dan nyaris tanpa modal, kecuali biaya-biaya yang diperlukan untuk promosi secara online.

Bagi sebagian orang ada yang melakukannya dengan cara gratisan, misalnya dengan memosting gambar dan tulisan di berbagai media sosial, seperti facebook, istagram, website, dll. Sebagian yang lain ada yang melakukan promosi berbayar, dengan media sosial yang sama diatas tapi dengan jangkauan dan kategori audien tertentu sesuai settingan iklan yang dibuat.

Barang apa yang bisa dijual secara dropship?

Semua barang yang bisa dikemas. Seperti pengalaman saya dropship buku ensiklopedia dengan berat hingga 18 kg dengan ongkos kirim hingga ratusan ribu rupiah. Apa ada yang beli? Alhamdulillah setiap bulan selalu ada. Yang penting adalah bagaimana kita membangun kepercayaan kepada calon pembeli produk yang kita tawarkan. Jika dropship buku ensiklopedia dengan kategori “berat” saja bisa, berarti untuk barang-barang yang harga dan beratnya lebih lebih ringan tentu lebih bisa, iya kan?

Bagaimana cara mendapatkan supplier?

Banyak cara untuk bisa mendapatkan supplier (pemilik produk) salahsatunya dengan rajin mencari informasi di media sosial. Tidak jarang mereka para supplier ini biasanya hanya menawarkan produk-produknya di akun facebook pribadinya. Tanpa beriklan. Kenapa? Karena mungkin mereka lebih berfokus pada produksi barang, sedangkan orang-orang yang bersedia menjadi dropsipper barang dagangannya sudah banyak. Mencari supplier juga bisa dilakukan di marketplace, seperti tokopedia.com, bukalapak.com, shopee.com dan yang lainnya.

Bagaimana cara mengetahui seorang supplier di marketplace bisa dipercaya?

Caranya yaitu dengan melihat berapa banyak transaksinya. Dan dari sekian banyak transaksi itu berapa banyak yang berhasil. Dan yang terakhir dengan melihat komen dan testimoni pembeli. Jika suatu lapak memenuhi 3 kriteria tadi; jumlah pembeli, tingkat konversi dan testimoni terbanyak, maka besar kemungkinan Anda tepat menjadikannya supplier untuk barang yang akan dijual. Begitu juga sebaliknya. Faktor lainnya tentu saja harga, karena dengan selisih harga jual dan harga dropsipper yang lumayan, penghasilan sobat pun tentu akan semakin besar.

Bagaimana cara memulai jadi dropsipper?

Caranya segera mulai. Coba saja semua barang yang ada peluang untuk kita bisa jadi dropshipper. Tapi usahakan apa yang sobat jual sesuai dengan minat, karena kita akan menghadapi calon pembeli yang akan bertanya berbagai hal tentang produk yang kita jual. Percuma kita menjual sesuatu dengan komisi yang besar jika kita malas-malasan menjawab pertanyaan calon pembeli. Bukannya jadi beli, bisa jadi kita akan mendapat penilaian buruk dari pembeli. Tentu ini sangat disayangkan, karena jika sobat bisa melayaninya dengan baik, syukur-syukur hingga closing, maka jika ada kerabat pembeli tadi menginginkan barang yang sama, tentu dia tidak akan merekomendasikan nama kita sebagai penjualnya. Nggak ingin seperti itu, kan?

Sekian pembahasan kita kali ini tentang Peluang Usaha Dropship Tanpa Modal. Anda bisa menanyakan kepada saya tentang berbagai hal tentang pembahasan diatas. Insaa Allah akan saya jawab semampu saya. Silahkan tinggalkan komentar dibawah kolom komentar ya sahabat. Anda juga bisa mendapatkan bacaan tantang Bisnis Online di postingan lain blog ini.

Facebook Comments
admin Written by:

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *