Pengalaman Saya Menjalankan Usaha Dropship

205 views

Reflis.com – Pengalaman Saya Menjalankan Usaha Dropship. Jadi setidaknya saya menulis artikel ini bukan hanya teori belaka, tapi berdasarkan prktik selama 3 tahun hingga saat ini. Alhamdulillah dengan usaha dropship ini bisa menambah penghasilan saya, apalagi saat di masa-masa awal, masih jarang saingan, hanya dengan usaha dropship ini bisa menutupi kebutuhan rumah tangga.

Tentu penasaran kan bisnis dropship apa yang saya jalankan? Ok, kita mulai saja ya. Sebenarnya saya hingga saat ini hanya menjalankan 2 jenis barang untuk dropship, yaitu buku dan parfum. Entah ini karena kebetulan mungkin saya bertemu dengan 2 supplier untuk 2 item tadi. Sebenarnya bisa lebih banyak lagi jika sahabat mau mencari banyak item barang beserta supplier terpercayanya.

Bagaimana menjalankan usaha dropship?

Saya menjalankannya sebagaimana pedagang lainnya. Hanya saja saya buat target hasil setiap bulannya. Misalnya target hasil dalam satu bulan adalah 10 juta, maka kita harus menyesuaikan berapa besarnya komisi tiap usaha dropship yang kita pilih. Misalnya untuk dua item tersebut adalah sebagai berikut:

10.000.000 : 500.000 = 20
10.000.000 : 50.000 = 200

500.000 adalah komisi setiap penjualan buku ensiklopoedia. Hanya dibutuhkan closing 20 set per bulan untuk mencapai angka 10 juta. Sedangkan penjualan parfum dibutuhkan closing 200 botol untuk mecapai angka yang sama, 10 juta. Semua ada seninya sendiri-sendiri. Tentunya yang komisi besar lebih sulit dalam mendapatkan calon pembeli, kalaupun ada kita harus bersaing ketat dengan drophiper yang lain.

Sedangkan penjualan parfum relatif lebih mudah mendapatkan pembeli. Tapi angka penjualan yang harus dicapailumayan banyak bagi saya yang masih tahap belajar jika harus menjual 200 botol parfum. Sejalan dengan besarnya komisi, biaya iklan di media sosial juga sama. Misalnya untuk beriklan di facebook ads, biaya per klik iklan untuk penjualan buku ensiklopedia bisa mencapai 5 sampai 10 kali lipatnya.

Untuk sekilas pembahasan tentang Facebook Ads nanti akan kita bahas dalam blog saya yang lain, MazWawan.com, yang khusus membahas tentang segala hal yang berkaitan dengan blogging dan internet marketing. Untuk hal yang belum jelas silahkan komen di kolom komentar dibawah ya sahabat.

Kembali kepada pembahasan kita tentang dropship, memang untuk menjadi dropshiper relatif mudah, tapi karena mudah tentu juga beresiko, karena akan banyak orang yang menjadi dropshipper juga atau menjadi pesaing kita. Jadi yang membedakan nantinya adalah bagaimana kita melayani para calon pembeli kita. Siapa yang bisa melayani dengan baik; sabar, penjelasan bisa dimengerti dan jujur dalam menyampaikan deskripsi produk – dialah yang menjadi pemenang dengan menjual lebih banyak.

Karena itu jangan pernah menyerah dalam menerima informasi dan terus belajar tentang berbagai hal di era internet ini. semua Insaa Allah bisa dipelajari jika kemauan kita kuat. Saya juga sama dengan Anda yang memulai segalanya dari nol. Sudah banyak saat ini panduan dan course yang diampu oleh mereka yang lebih kompeten tentang bisnis online, termasuk sebagai dropshiper. Saya pun hingga saat ini hanya mengambil pelatihan marketing online dengan membaca-baca dari share para expert dan mengikuti beberapa panduan secara online.

Sekian pembahasan kita kali ini tentang Pengalaman Saya Menjalankan Usaha Dropship. Anda bisa menanyakan kepada saya tentang berbagai hal tentang pembahasan diatas. Insaa Allah akan saya jawab semampu saya. Silahkan tinggalkan komentar dibawah kolom komentar ya sahabat. Anda juga bisa mendapatkan bacaan tantang Bisnis Online di postingan lain blog ini.

Facebook Comments

Tags: #bisnis online 2019 #bisnis online dropshipper #bisnis online income kecil #bisnis online menjanjikan #bisnis online modal kecil #bisnis online mudah #bisnis online murah #bisnis online populer #bisnis online rumahan #bisnis online untung besar #kelebihan bisnis online #peluang bisnis online #pengalaman bisnis online

Leave a reply "Pengalaman Saya Menjalankan Usaha Dropship"

Author: 
    author